kurang darah

Macam Buah Penambah Darah adalah buah yang mengandung nutrisi atau zat dimana zat tersebut berperan untuk meningkatkan darah dalam tubuh, baik itu sel darah merah, sel darah putih maupun trombosit. Ada banyak macam buah penambah darah atau sering disebut dengan penyakit kurang darah.

Apa itu Anemia?

Anemia adalah gangguan darah yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah atau juga sering disebut kurang darah. Sel darah merah memiliki kandungan protein ber-zat besi yang disebut hemoglobin, hemoglobin berfungsi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen untuk sel-sel tubuh.

Pada kondisi anemia jumlah sel darah merah dan hemoglobin berkurang sehingga oksigen tidak tersuplai dengan baik dan penderita mengeluh lemas dan pucat. Normalnya, orang dewasa menderita anemia apabila kadar hemoglobin darahnya di bawah 14 gram per desiliter pada laki-laki dan 12 gram per desiliter untuk wanita.

Macam Buah Penambah Darah Obati Penyakit Anemia

Penting untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan kadar zat besi dalam tubuh untuk mendukung produksi sel darah merah yang tepat. Buah-buahan yang dapat meningkatkan darah dan mengurangi resiko anemia pada Anda.

 Pepaya

Jenis buah penambah darah yang pertama adalah pepaya yang terkenal kaya akan kandungan folat dan vitamin C yang tinggi. Konsumsi pepaya bisa membantu meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang disebut karotenoid. Vitamin C pada pepaya juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 Jeruk

Di dalam jeruk memiliki kandungan lainnya seperti asam folat. Dengan adanya asam folat tersebut, maka tubuh bisa membuat sel darah merah yang baru. Jenis jeruk yang bisa kamu konsumsi mulai dari jeruk mandarin, lemon, bahkan jenis jeruk bali. Ditambah lagi, di dalam jeruk juga terdapat zat besi yang juga termasuk komponen penting di dalam sel darah merah. Zat besi pada sel darah merah bisa membantu mengikat oksigen dan disebar ke seluruh tubuh.

 Anggur

Buah selanjutnya adalah anggur yang juga memiliki asam folat. Di dalam segelas anggur, terkandung 21 mcg asam folat dan itu cukup untuk menambah sel darah merah. Selain itu, di dalam anggur juga terdapat vitamin A yang juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Stroberi

Buah yang sangat populer di dunia ini juga berperan untuk menambah sel darah merah. Di dalam stroberi juga terkandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Antioksidan juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

 Tomat

Jenis buah penambah darah selanjutnya adalah tomat yang kaya vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K yang tinggi. Selain vitamin C dan folatnya yang bisa meningkatkan sel darah, tomat juga punya banyak manfaat. Tomat bisa meningkatkan fungsi penglihatan, menyehatkan jantung, hingga mencegah kanker.

 Alpukat

Buah ini kaya vitamin K, B5, B6, B3, vitamin E dan vitamin C. Alpukat juga padat kalium, folat, magnesium, mangan, tembaga, besi, seng dan fosfor. Alpukat merupakan sumber folat yang tinggi. Alpukat juga mengandung zat besi. Makan setidaknya 3 alpukat per minggu selama minimal 2 minggu, untuk mengatasi risiko anemia.

 Delima

Delima adalah buah yang berair dan manis yang kaya akan antioksidan polifenol dan nitrat. Delima juga merupakan vasodilator kuat. Vasolidator digunakan untuk melebarkan pembuluh darah, agar darah mengalir dengan lebih lancar. Makan buah berwarna merah ini secara rutin dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pembentukan jaringan otot dengan lebih baik lagi.

Demikianlah macam buah penambah darah agar bisa menyembuhkan anemia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selalu jagalah kesehatan. Jadi, usahakan kamu jangan sampai kekurangan zat besi dan tentunya, agar terhindar dari anemia.

By AKDSEO